Di Mana Rahmat Bulan Ramadhan?

Bulan Ramadhan konon adalah bulan penuh rahmat, penuh ampunan. Tapi saya nggak melihat di mana rahmatnya. Tiap-tiap khotbah shalat tarawih, sekarang sudah sangat jarang sekali bertopik tentang hubungan antar sesama manusia.

Bagaimana berbuat baik dengan sesama, bertoleransi, tidak mengambil hak orang lain, dan sejenisnya. Yang ada di tiap khotbah shalat tarawih adalah ujaran-ujaran omong kosong yang membawa kebencian.

Di mana rahmat bulan Ramadhan kalau sebagian umat islam merasa perlu memaksa orang lain untuk ikut berpuasa? Padahal perintah berpuasanya ditujukan untuk perorangan, bukan? Untuk orang yang beriman. Kalau ada orang tidak berpuasa, berarti dia tidak beriman. Sesederhana itu, kan?

Ada juga yang imannya sangat lemah, melihat makanan siap saji saja langsung timbul hasratnya untuk berbuka puasa. Orang-orang ini kemudian membuat aturan agar tidak ada tempat makan siap saji yang buka di siang hari.

Padahal puasa bukan hanya tentang mendapat pahala, tapi juga untuk ikut merasakan penderitaan fakir miskin, kan? Apakah orang-orang yang kesehariannya susah makan kemudian merazia tempat-tempat makan?

Di mana rahmat bulan Ramadhan kalau orang yang menjalankan puasa bahkan tidak bisa berpikir tentang manusia lain yang hidup di lngkungannya? Mengaji setiap malam hingga pukul 2 atau 3 pagi dengan menggunakan pengeras suara, tanpa berpikir sedikit pun bahwa itu mengganggu ketenteraman tetangga. Tapi, dalam nama agama, apapun diperbolehkan sepertinya. Bahkan bila itu mengganggu tetangga, mengganggu privasi orang lain.

Saya nggak melihat rahmat bulan Ramadhan. Masjid sih penuh. Baca Qur’an mungkin tamat. Tapi apakah membuat umat yang menjalankannya menjadi umat yang lebih baik secara sosial? Saya rasa tidak. Membuat menjadi lebih snobbish dan munafik, barangkali iya.

 

Advertisements

One thought on “Di Mana Rahmat Bulan Ramadhan?

  1. ya rahmat itu telah pergi.
    semua-mua kebaikan agama ini telah tertutup kabut kemunafikan.
    entah kapan akan kembali.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s